Selamat Datang Di Milis Resmi Saya Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua Hablun Minallah Wa Hablun Minannas Setiap Langkah Harus Dengan Arti, Setiap Langkah Harus Dengan Pikiran, Sebelum Melakukan Harus Hati-Hati, Kalau Jelas Itu Jelek/Buruk Dijauhi

Budaya Pencak Silat Yang Terlupakan

Oleh : Kusnadi S. Hidayat
(Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi)

Pencak Silat merupakan salah satu jenis beladiri yang sudah cukup tua umurnya. walaupun sampai saat ini belum di dapatkan secara pasti kapan dan oleh siapa pencak silat itu di ciptakan. Pencak silat adalah suatu metode beladiri yang diciptakan oleh bangsa Indonesia guna mempertahankan diri dari bahaya. Bahaya yang mengancam keselamatan dan kelangsungan hidupnya. sebagai suatu metode/ilmu beladiri yang lahir dan berkembang di tengah-tengah kehidupan sosial masyarakat bangsa Indonesia pencak silat sangat dipengaruhi oleh falsafah, budaya dan kepribadian bangsa Indonesia.


Satu hal yang sangat terlupakan oleh kita dan apabila dibiarkan berlarut-larut maka akan sangat fatal, hal itu adalah Pencak Silat. Pencak Silat adalah beladiri asli Indonesia, pencak silat juga merupakan bagian dari budaya asli Indonesia dan bertujuan untuk membangun integeritas Bangsa Indonesia. Pencak silat bukan hanya sekedar bertarung dan budaya, tetapi pencak silat juga mengajarkan manusia untuk mempunyai prinsip dalam hidup. Banyak aspek yang ditekankan pada pencak silat yaitu aspek mental spiritual, olahraga, seni dan beladiri, karena di dalam pencak silat terdapat pendidikan karakter yang sangat istimewa. Menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai Bangsa Indonesia untuk memelihara budaya asli bangsa kita. Pencak silat juga menunjukkan sebuah identitas sebagai rakyat yang cinta kepada bangsanya.


Ketika warisan Seni dan Budaya Nusantara mulai terpinggirkan, terlupakan dan hilang, maka lenyap pula harta berharga yang membentuk peradaban bangsa-bangsa di Nusantara yang telah dibangun serta berkembang selama berabad-abad lamanya. Saat Budaya yang membentuk tata cara kehidupan dan budi pekerti luhur hilang, saat itu pula hilang identitas bangsa Indonesia. Namun, seiring perkembangan jaman dan arus modernisasi yang semakin deras menerpa, Pencak Silat dihadapkan pada persaingan dengan beragam jenis olahraga beladiri asing lainnya yang malah menjadi primadona masyarakat  Bangsa Indonesia. Melihat fenomena ini pemerintah perluh mengsosialisasikan Pencak Silat kepada masyarakat sehingga budaya bangsa Indonesia ini tidak punah.