Selamat Datang Di Milis Resmi Saya Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua Hablun Minallah Wa Hablun Minannas Setiap Langkah Harus Dengan Arti, Setiap Langkah Harus Dengan Pikiran, Sebelum Melakukan Harus Hati-Hati, Kalau Jelas Itu Jelek/Buruk Dijauhi

PERBANDINGAN HASIL PEMERIKSAAN BTA METODE ZIEHL-NEELSEN SAMPEL YANG DIPERIKSA LANGSUNG DAN YANG DITUNDA SELAMA 24 JAM PADA SUHU KAMAR DI BALAI BESAR KESEHATAN PARU MASYARAKAT MAKASSAR

Dari hasil penelitian ditemukan pada BTA (3+) pada preparat langsung dan preparat yang ditunda selama 24 jam sama-sama memberikan kualitas warna yang baik yaitu sama-sama memberikan warna yang sangat kontras.

Setelah dilakukan penelitian, maka peneliti menemukan gambaran bahwa hasil pemeriksaan mikroskopis BTA positif antara preparat yang langsung diwarnai dan preparat yang ditunda selama 24 jam tidak mempengaruhi hasil pemeriksaan mikroskopis BTA positif dan memperlihatkan gambaran hasil yang sama yaitu sama-sama sangat kontras. Hal ini disebabkan karena pada saat dipanaskan larutan Carbol Fuchsin dapat menyerap sel lebih cepat dan sempurna walaupun dilunturkan dengan HCl Alkohol warnanya tidak akan hilang.

Pada dasarnya prinsip pengecatan memberi warna pada sel-sel dan bagian-bagian yang lain sehingga menambah kontras dan tampak lebih jelas. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pewarnaan adalah fiksasi. Sebelum bakteri dicat terlebih dahulu dilakukan fiksasi dan cara yang paling banyak digunakan adalah pemanasan.